Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih

Main Article Content

Muchlis Muchlis
Andi Christian
Mariana Puspa Sari

Abstract

Perguruan tinggi harus memberikan pelayanan yang baik terhadap kebutuhan mahasiswa dan dosen. Umpan balik pelayanan akademik perlu dievaluasi. Evaluasi pelayanan yang telah dilakukan  pada STMIK Prabumulih adalah dengan menyebarkan kuesioner secara konvensional. Kendala penggunaan kuesioner secara konvensional, yaitu perhitungan yang dilakukan secara manual. Hal ini menimbulkan adanya kesalahan dalam perhitungan dan pemasukan data. STMIK Prabumulih juga harus menyediakan kuesioner dalam bentuk kertas. Mahasiswa maupun dosen merasa enggan untuk menjawab kuesioner dalam bentuk kertas. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka perlu dibangun sistem informasi kuesioner online berbasis website sehingga responden dapat mengisi kuesioner di mana pun dan kapan pun. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem  adalah metode waterfall dengan tahapan system engineering, analysis, design, coding, testing, dan maintenance. Pengujian sistem menggunakan pengujian black box. Hasil dari pengujian black box menunjukkan keseluruhan kebutuhan fungsional dapat berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan sistem dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muchlis, M., Christian, A., & Sari, M. P. (2019). Kuesioner Online Sebagai Media Feedback Terhadap Pelayanan Akademik pada STMIK Prabumulih. Jurnal Eksplora Informatika, 8(2), 149-157. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i2.215
Section
Articles

References

D. Mardapi, “Evaluasi Penerapan Ujian Akhir Sekolah Dasar,” Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, vol. 13, no. 2, pp. 227-245, Desember 2009.

M. Yola and D. Budianto, “Analisis Kepuasan Konsumen terhadap Kualitas Pelayanan dan Harga Produk pada Supermarket dengan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA),” J. Optimasi Sist. Ind., vol. 12, no. 1, pp. 301-309, 2013.

M. Mansur and K. Kasmawi, “Pengembangan Sistem Database Terpadu Berbasis Web Untuk Penyediaan Layanan Informasi Website Desa,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 3, no. 1, 2017.

Christian, A. “Perancangan Sistem Informasi Website Seni Budaya Prabumulih Pada Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Prabumulih”. J InfoTekJar, vol 3, no.1., PP 81-84, 2018

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods), Bandung: Alfabeta, 2016.

A. Christian, S. Hesinto, and Agustina, “Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ),” Jurnal SISFOKOM, vol. 3, no. 1, pp. 81-84, 2018.

R. Priskila, “Perancangan Sistem Informasi Persediaan Barang Pada Perusahaan Karya Cipta Buana Sentosa Berbasis Web Dengan Metode Extreme,” CESS (Journal of Computer Engineering System and Science), vol. 3, no. 2, pp. 94-99, 2018.