Sistem Informasi Peringatan Dini Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Pangan Berbasis Mobile Computing

Main Article Content

Harisno -
Wandy Apriyadi
Yudiana Herman
Tono -

Abstract

Pembangunan sistem informasi peringatan dini pengendalian hama dan penyakit tanaman pangan berbasis mobile computing bertujuan untuk mempercepat arus data dan informasi peringatan dini pengendalian hama penyakit tanaman pangan agar dapat segera diketahui dan ditindaklanjuti oleh pimpinan lingkup Kementerian Pertanian sehubungan dengan serangan hama penyakit tanaman pangan di suatu wilayah. Berdasarkan wawancara dan survei ke lokasi pada lahan sawah yang ditanami padi, jagung dan kedele di kabupaten Karawang, Cirebon, dan Cianjur diperoleh data tentang luas dan intensitas serangan hama penyakit tanaman pangan, yang dipergunakan sebagai basis perancangan struktur data peringatan dini pengendalian hama penyakit tanaman pangan. Metodologi pengembangan sistem informasi mengacu pada system development life cycle, mulai dari identifikasi kebutuhan data dan informasi, analisis dan perancangan sistem, uji coba, implementasi dan evaluasi sistem. Hasil yang diperoleh adalah sebuah sistem informasi peringatan dini pengendalian hama dan penyakit tanaman pangan berbasis mobile computing. Melalui sistem ini dapat mengirimkan data dan infomasi luas dan intensitas serangan hama dan penyakit tanaman pangan secara cepat dan dapat mengurangi waktu penyampaian sehingga para pemangku kepentingan di Kementerian Pertanian dapat mengambil keputusan dalam pengendalian hama dan penyakit tanaman pangan khususnya komoditi padi, jagung dan kedele dengan cepat dan benar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
-, H., Apriyadi, W., Herman, Y., & -, T. (2011). Sistem Informasi Peringatan Dini Pengendalian Hama Dan Penyakit Tanaman Pangan Berbasis Mobile Computing. Jurnal Eksplora Informatika, 1(1), 75-87. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/178
Section
Articles

References

Direktorat Perlindungan Tanaman Pangan. 2010. Pedoman Pengamatan dan Pelaporan Perlindungan Tanaman Pangan. Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian. Jakarta.

Haag, Stephen, Maeve Cummings. 2008. Management Information Systems. 7th Edition. McGraw-Hill, Irwin. Toronto Laudon, Kenneth C., Jane P. Laudon. 2011. Essential of Management Information Systems. 9th Edition. Pearson. Tokyo.

Talukder, Asoke K. 2005. Mobile Computing - Technology, Applications and Service Creation. McGraw-Hill. Toronto.

Turban, Efraim, R. Kelly Rainer, Richard E. Portter. 2006. Introduction to Information Technology. 6th Edition. John Wiley & Sons, Inc. Toronto.

Watson, Hugh J, George Houdeshel, Rex Kelly Rainer. 1997. Building Executive Information Systems and Other Decision Support Applications. John Wiley and Sons, Inc. Toronto.