Development System Yellow Pages’s Employees : Knowledge Management System in WVI
Main Article Content
Abstract
Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengidentifikasipermasalahan yang terjadididalamperusahaan dan membangunsarana yang mendukungtransparansiatas knowledge untukmemudahkan proses daripencarian knowledge yang terdapatdidalamperusahaan yang dibutuhkanolehkaryawan dan manager perusahaan. Metodologi yang digunakandibagimenjadiduametodologiutamayaitumetodeanalisis dan metodeperancangan.Metodeanalisis yang digunakanadalahmetodeanalisis Value Network dan SWOT denganmenggunakan matrix IFE, EFE, IE, dan QSPM. Sedangkanuntukmetodeperancanganakanmenggunakanmetode Object Oriented dengan class diagram, use case, sequence , dan user interface diagram. Hasildaripenelitianiniberupatemuantemuan dan usulanrekomendasiatasmasalah yang terjadididalamperusahaan, dan hasildarianalisis yang dibagimenjadiduaaktifitas, aktifitasutama ( Network Promotion, Contract Management, Service Positioning, and Infrastructure Operation) dan aktifitaspendukung ( Firm Infrastructure, HR/OD, Technology Development, dan procurement). Adapulaperancanganaplikasi Knowledge Management yang didasarkanpada matrix Knowledge Goal dan Knowledge Identification.Kesimpulandaripenelitian yang dilakukan.Kesimpulan yang didapatkansecarakeseluruhanatas internal perusahaanuntuk tacit dan explicit knowledge belumdidokumentasisertamasihterdapatkekuranganatastransparansikualifikasi knowledge dari tacit knowledge dan didalamperusahaanmembutuhkansistem yellow pages terhadap employee yang dapatmembantuuntukmengatur dan mengelola knowledge yang adadidalamperusahaan.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
Anonymous. Investigators at Open University Zero in on Knowledge Management. Computers Weekly News. 2011; 575. Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index=104&did=2273126481&SrchMode=1& sid=1&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1313487176&cl ientId=68814
Anonymous. Study Result from T.C.Chang and Colleagues Update Understanding of Knowledge Management. Robotics and Machine Learning. 2011; 3385. Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index=66&did=2313159941&SrchMode=1&s id=1&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1313485610&cli entId=68814
Anonymous. Studies from University of Cincinnati Have Provided New Information about Knowledge Management. Information Technology Newsweekly.2011; 136. Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index=45&did=2357207781&SrchMode=1&s id=1&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1313481308&cli entId=68814
Corbettetchevers I. Data On Knowledge Management. Computers, Networks, and Communications. 2011; 197. Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index=35&did=2369046861&SrchMode=1&s id=1&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1313481308&cli entId=68814
Eugene F. Yelden, Synrad, Inc., James A. Albers. The Business Case For Knowledge Management. Journal of Knowledge Management Practice. 2004; Retrieved from http://www.tlainc.com/articl69.htm
Gupta.J, Sharma.S, Hsu.J. An overview of knowledge Mangement,Creating Knowledge Based Organizations. IGI Global,2008. 1(1); 2-3. Retrieved from http://www.irmainternational.org/viewtitle/25072/