Development System Yellow Pages’s Employees : Knowledge Management System in WVI

Main Article Content

Win Ce
Anderes Gui
Cecilia Sabrina

Abstract

Tujuandaripenelitianiniadalahuntukmengidentifikasipermasalahan yang terjadididalamperusahaan dan membangunsarana yang mendukungtransparansiatas knowledge untukmemudahkan proses daripencarian knowledge yang terdapatdidalamperusahaan yang dibutuhkanolehkaryawan dan manager perusahaan. Metodologi yang digunakandibagimenjadiduametodologiutamayaitumetodeanalisis dan metodeperancangan.Metodeanalisis yang digunakanadalahmetodeanalisis Value Network dan SWOT denganmenggunakan matrix IFE, EFE, IE, dan QSPM. Sedangkanuntukmetodeperancanganakanmenggunakanmetode Object Oriented dengan class diagram, use case, sequence , dan user interface diagram. Hasildaripenelitianiniberupatemuantemuan dan usulanrekomendasiatasmasalah yang terjadididalamperusahaan, dan hasildarianalisis yang dibagimenjadiduaaktifitas, aktifitasutama ( Network Promotion, Contract Management, Service Positioning, and Infrastructure Operation) dan aktifitaspendukung ( Firm Infrastructure, HR/OD, Technology Development, dan procurement). Adapulaperancanganaplikasi Knowledge Management yang didasarkanpada matrix Knowledge Goal dan Knowledge Identification.Kesimpulandaripenelitian yang dilakukan.Kesimpulan yang didapatkansecarakeseluruhanatas internal perusahaanuntuk tacit dan explicit knowledge belumdidokumentasisertamasihterdapatkekuranganatastransparansikualifikasi knowledge dari tacit knowledge dan didalamperusahaanmembutuhkansistem yellow pages terhadap employee yang dapatmembantuuntukmengatur dan mengelola knowledge yang adadidalamperusahaan.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Development System Yellow Pages’s Employees : Knowledge Management System in WVI. (2011). Jurnal Eksplora Informatika, 1(1), 26-31. https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/173

References

Anonymous. Investigators at Open University Zero in on Knowledge Management. Computers Weekly News. 2011; 575. Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index=104&did=2273126481&SrchMode=1& sid=1&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1313487176&cl ientId=68814
Anonymous. Study Result from T.C.Chang and Colleagues Update Understanding of Knowledge Management. Robotics and Machine Learning. 2011; 3385. Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index=66&did=2313159941&SrchMode=1&s id=1&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1313485610&cli entId=68814
Anonymous. Studies from University of Cincinnati Have Provided New Information about Knowledge Management. Information Technology Newsweekly.2011; 136. Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index=45&did=2357207781&SrchMode=1&s id=1&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1313481308&cli entId=68814
Corbettetchevers I. Data On Knowledge Management. Computers, Networks, and Communications. 2011; 197. Retrieved from http://proquest.umi.com/pqdweb?index=35&did=2369046861&SrchMode=1&s id=1&Fmt=3&VInst=PROD&VType=PQD&RQT=309&VName=PQD&TS=1313481308&cli entId=68814
Eugene F. Yelden, Synrad, Inc., James A. Albers. The Business Case For Knowledge Management. Journal of Knowledge Management Practice. 2004; Retrieved from http://www.tlainc.com/articl69.htm
Gupta.J, Sharma.S, Hsu.J. An overview of knowledge Mangement,Creating Knowledge Based Organizations. IGI Global,2008. 1(1); 2-3. Retrieved from http://www.irmainternational.org/viewtitle/25072/