Pemasaran Digital: Segmentasi Demografi Pengguna Media Sosial di Kota Pontianak

Main Article Content

Budi Susilo

Abstract

Pemanfaatan berbagai jejaring media sosial untuk pemasaran merupakan bagian dari strategi pemasaran digital. Besarnya jumlah pengguna media sosial dan masih terus meningkat, menjadikan mereka sebagai target pasar potensial yang layak diperebutkan. Sehingga,  untuk mencapai tujuan tersebut maka perlu mengetahui profil dari pengguna media sosial yang ada. Namun, permasalahannya adalah pemasar masih memandang bahwa  pengguna dari media sosial yang berbeda akan memiliki profil demografi yang sama. Penelitian ini membuat segmentasi dari profil demografi pengguna Facebook dan Instagram di kota Pontianak dengan tingkat keaktifannya serta tingkat respon terhadap konten iklan. Penggunaan alat bantu SPSS memberikan gambaran dan tingkat perbedaan dari jenis kelamin, generasi, tingkat pendidikan, dan status keluarga dari pengguna dalam keaktifan bermedia sosial dan merespon konten iklan. Analisis Olap Cubes menghasilkan segmentasi demografi dari pengguna media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah pengguna Facebook lebih banyak dari pada pengguna Instagram. 51,1% pengguna Facebook adalah  dewasa, pendidikan tinggi, dan sudah berkeluarga. Pengguna Instagram adalah 89,7% dengan profil yaitu remaja dan belum berkeluarga. Kedua segmen pengguna tersebut mempunyai tingkat keaktifan normal dan pasif dalam merespon konten iklan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Susilo, B. (2018). Pemasaran Digital: Segmentasi Demografi Pengguna Media Sosial di Kota Pontianak. Jurnal Eksplora Informatika, 8(1), 69-79. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.163
Section
Articles

References

Kannan, P. K., and Hongshuang “Alice” Li, 2016, Digital marketing: A framework, review and research agenda, International Journal of Research in Marketing, No.1, Vol. 34, 22-45. [link]

Ratika, N., Caroline, C., dan Elvira, E., 2013, Penerapan Website E-Marketing Untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan Pada Pt. Krazymarket, Skripsi, Program Sarjana Sistem Informasi, Univ. Bina Nusantara, Jakarta.

Siswanto, T., 2013, Optimalisasi Sosial Media Sebagai Media Pemasaran Usaha Kecil Menengah. Jurnal Liquidity, No. 1, Vol. 2, 80-86. [link]

Nasrullah, R., 2017, Blogger Dan Digital Word Of Mouth: Getok Tular Digital Ala Blogger Dalam Komunikasi Pemasaran Di Media Sosial, Jurnal Sosioteknologi, No. 1, Vol. 16, 1-16. [link]

De Zuani, A., 2017, Digital Marketing in China: An analysis of the social media strategy of Tod's Group, Final Thesis, Master’s Degree programme in Languages, Economics and Institutions of Asia and North Africa, Università Ca'Foscari, Venezia. [link]

Saravanakumar, M., SuganthaLakshmi, T., 2012, Social media marketing, Life Science Journal, No. 4, Vol. 9, 4444-4451. [link]

Yudhianto, 2017, 132 juta pengguna internet Indonesia, 40% penggila medsos, https://inet.detik.com/cyberlife/d-3659956/132-juta-pengguna-internet-indonesia-40-penggila-medsos, diakses tgl. 16 Desember 2017.

Hidayat, M. W., 2016, 3 Media Sosial Favorit Pengguna Internet Indonesia, http://tekno.liputan6.com/read/2634027/3-media-sosial-favorit-pengguna-internet-indonesia, diakses tgl. 16 Desember 2017.

Dragomir, R., and Andronie, M., 2017, Strategies in Digital Marketing, Proceeding of 4th International Conference on Economic Sciences an Business Administration, Bucharest, November 24-25. [link]

Sherlyanita, A. K., Rakhmawati, N. A., 2016, Pengaruh dan Pola Aktivitas Penggunaan Internet serta Media Sosial pada Siswa SMPN 52 Surabaya, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, No. 1, Vol. 2, 17-22. [link]

Kosasi, S., 2015, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dalam Memasarkan Mobil Bekas, Creative Information Technology Journal, No.1, Vol. 3, 1-14. [link]

Junaedi, M. S., 2003, Analisis Faktor Demografi, Akses Media Dan Sumber Informasi Terhadap Kepedulian Dan Kesadaran Lingkungan Konsumen: Kajian Pemasaran Yang Berwawasan Sosial, Kinerja, No.2, Vol. 7, 96-111. [link]

Semuel, H., 2006, Ekspektasi Pelanggan Dan Aplikasi Bauran Pemasaran Terhadap Loyalitas Toko Moderen Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening: Studi Kasus pada Hypermarket Carrefour di Surabaya, Jurnal Manajemen Pemasaran, No. 2, Vol. 1, 53-64. [link]

Eka, R., 2015, Penggunaan Media Sosial di Indonesia Mulai Tersegmentasi Berdasarkan Kebutuhan, https://dailysocial.id/post/penggunaan-media-sosial-di-indonesia-mulai-tersegmentasi-berdasarkan-kebutuhan//, diakses tgl. 16 Desember 2017.

Ismayanti, D., 2016, Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Program Indonesia Pintar, http://psma.kemdikbud.go.id/files/ Permendikbud_Tahun2016_Nomor019-2.pdf , diakses tgl 18 Desember 2017.

Damayanti, N. A., 2014, Pengaruh Tingkat Keaktifan Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Sman 9 Surabaya Dalam Berbelanja Online, Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), No. 3, Vol. 2. [link]

Eka, R., 2015, Pemanfaatan Internet di Indonesia Berdasarkan Data APJII Tahun 2014, https://dailysocial.id/post/pengguna-internet-indonesia, diakses tgl. 16 Desember 2017.

Bohang, Fatimah K., 2016, Anak Muda Tinggalkan Facebook dan Twitter, Kenapa?, https://tekno.kompas.com/read/2016/02/15/20080017/Anak.Muda.Tinggalkan.Facebook.dan.Twitter.Kenapa, diakses tgl. 16 Januari 2018.