Perancangan E-Resource Perpustakaan Menggunakan Customer Relationship Management Berbasis Mobile

Main Article Content

Putri Taqwa Ningrum
Ozzi Suria
Arita Witanti

Abstract

Perpustakaan adalah salah satu fasilitas yang membantu dalam penyediaan sumber daya dalam proses pendidikan, karena Perpustakaan menyediakan fasilitas pinjaman tanpa biaya. Perpustakaan dalam suatu Perguruan Tinggi memiliki peranan yang sangat penting bagi pembaca khususnya mahasiswa. Perpustakaan di Universitas Mercu Buana Yogyakarta memiliki minat baca cukup banyak. Hal ini dibuktikan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 65 responden civitas akademik Mercu Buana Yogyakarta pada bulan Mei 2017, diperoleh hasil bahwa sebanyak 98.5% responden membutuhkan aplikasi perpustakaan digital. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif Universitas Mercu Buana Yogyakarta. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang memungkinkan anggota perpustakaan untuk mengakses layanan perpustakaan secara online menggunakan aplikasi mobile berbasis iOS/Android. Hasil penelitian ini adalah perancangan e-Resource berbasis mobile untuk membaca dan menyimpan e-book yang dipinjam, transaksi meminjam tanpa biaya, akses repository tesis/skripsi, akses ke jurnal universitas, akses jurnal internasional, dan pembaharuan referensi yang cepat. Aplikasi IOS/Android perpustakaan juga akan menyediakan fasilitas untuk membantu pencarian buku yang dilakukan oleh anggota Perpustakaan dengan pilihan pencarian seperti judul, penulis, penerbit atau jenis buku. Pengembangan perangkat lunak yang di lakukan pada penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Berbasis manajemen hubungan Customer Relationship Management (CRM) sebagai salah satu strategi peningkatan pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan anggota. Salah satu karakteristik yang ingin ditonjolkan dari CRM adalah adanya interaksi antara penyedia layanan dan anggotanya. Dari interaksi tersebut, pihak penyedia layanan dapat menggali kebutuhan-kebutuhan para anggotanya untuk segera ditindaklanjuti. CRM mewakili kombinasi layanan teknologi dan informasi dengan tujuan untuk membangun sebuah sistem.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ningrum, P., Suria, O., & Witanti, A. (2018). Perancangan E-Resource Perpustakaan Menggunakan Customer Relationship Management Berbasis Mobile. Jurnal Eksplora Informatika, 8(1), 59-68. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.158
Section
Articles

References

Hendriana, Y. (2015). Development of Mobile Library Application Based on Android in Universitas Ahmad Dahlan, 1064–1071. https://doi.org/10.15680/IJIRSET.2015.0403055. [link]

Ladjamudin, Analisa dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2008.

Surachman, A. (2012). Pengembangan E-Resources : salah satu upaya membangun perpustakaan digital 1, 1–14. [link]

Cleveland, Gary. (2008). Digital Libraries: Definitions, Issues and Challenges. Occasional Paper 8. Ottawa: Universal Dataflow and Telecommunications Core Programme, International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA). Tersedia di http://www.ifla.org/udt/op/ diakses tanggal 5 Januari 2018. [link]

E. Suherman, Desain Pembelajaran Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta, 2008.

L. Efraim Turban, Information Technology for Management, 2012: International Student Version..

Berson, A., Smiith, S., & Thearling, K. (2000). Building Data Mining Applications for CRM. McGraw-Hill, New York.

Huang,C, " Mobile Services in University Libraries in China," in IEEE, 3563–3565., 2011. [link]

Y. Hendriana, "Development of Mobile Library Application Based on Android in Universitas Ahmad Dahlan," International Journal of Innovative Research in Science, vol. Vol. 4, no. Issue 3, pp. 1064-1071, 2015. [link]

Aliyal, K., & Samae, T. (2015). The paper considers mobile peculiarities of the development for Android platform by the example of an electronic library. Here by we concentrate on applications development on the example of Eclipse development environment., (Iccas), 1682–1686. [link]