Penerapan Algoritma C4.5 untuk Prediksi Kepuasan Penumpang Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang
Main Article Content
Abstract
Sejumlah aktivitas perkotaan yang ada di Kota Semarang menjadikan tingginya peningkatan yang tentunya membutuhkan dukungan sistem angkutan umum yang andal, cepat, dan efisien. Sebagai bagian dari upaya memecahkan masalah kemacetan, Pemerintah Pusat melalui Departemen Perhubungan membuat Bus Rapid Transit (BRT) yang saat ini diterapkan di berbagai kota di Indonesia. Konsep BRT merupakan sistem angkutan massal yang terintegrasi di setiap koridor, yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan transportasi dalam kota. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kepuasan penumpang BRT Trans Semarang dengan menggunakan teknik data mining dengan metode decision tree tepatnya algoritma C4.5. Dalam penelitian ini variabel pengukuran kepuasan penumpang yang digunakan adalah harga, fasilitas, dan pelayanan. Dari penelitian ini atribut yang digunakan menghasilkan hubungan sebab-akibat dalam mengklasifikasikan penumpang puas dan tidak puas. Penelitian ini diharapkan dapat membantu Pemerintah dalam meningkatkan kepuasan penumpang agar masyarakat beralih menggunakan BRT Trans Semarang dan dapat memberikan pengaruh terjadinya peningkatan jumlah penumpang. Berdasarkan hasil klasifikasi dengan menggunakan algoritma C4.5 menunjukkan adanya peningkatan di tiap penguji yang telah dilakukan dengan hasil akurasi akhir yang cukup baik sebesar 95% yang menunjukkan bahwa algoritma C4.5 cocok digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan penumpang BRT Trans Semarang.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
Badan Pusat Statistik. (2017) Banyaknya Kendaraan Bermotor dirinci menurut Jenis Kendaraan tahun 2012-2014. [Online]. Available: https://www.bps.go.id/
A. Susanty, S. Nugroho, K. A. Khantari, “Penyusunan Skenario Kebijakan Untuk Pengembangan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang Dengan Pendekatan Sistem Dinamik,†vol. 1, no. 18, pp. 17-26, 2014.
H. Dhika, F. Destiawati, A. Fitriansyah, “Implementasi Algoritma C4.5 Terhadap Kepuasan Pelanggan,†Prosiding SNaPP Sains dan Teknologi, vol. 6, no. 1, 2016. [link]
M. K. Rizal, Suhartini, J. Sugiantara, “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Hamzanwadi Selong,†Jurnal Informatika Hamzanwadi, vol. 2, no. 1, pp. 48-62, 2017.
M. R. I. Saputra, “Implementasi Data Mining Menggunakan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Kepuasan Pelanggan Taksi Kosti,†pp. 1-14, 2016.
A. Yuliana, D. B. Pratomo, “Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen Politeknik TEDC Bandung,†in Seminar Nasional Inovasi Teknologi UN PGRI Kediri, Kediri, 2017, pp. 377–384.
E. Irfani, “Prediksi Keluhan Pelanggan Pada Apartemen Menggunakan Algoritma C4.5,†Jurnal Paradigma, vol. XVI, no. 2, pp. 13-20. 2014. [link]
F. R. Wiratama, “Analisis Kepuasan Pelanggan Bank Danamon Kantor Cabang Utama Semarang,†2016.