Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Clustering Pelanggan Pada CV. Mataram Jaya Bawen

Main Article Content

DewiAstria DewiAstria
Suprayogi Suprayogi

Abstract


Persaingan usaha yang ketat dewasa ini mengharuskan perusahaan untuk berfokus kepada kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen.Hal tersebut membuat perusahaan harus berfikir bagaimana mengelola data pelanggan supaya dapat dimanfaatkan dengan baik untuk pengembangan strategi pemasaran.Dan Pengelompokkan (cluster) pelanggan berdasarkan karakteristik mereka masing-masing dapat dijadikan alternatif dalam memecahkan masalah tersebut.Dalam pengelompokan (cluster) pelanggan terdapat beberapa metode clustering data mining yang dapat digunakan, salah satunya adalah metode Fuzzy C-Means (FCM). FCM adalah adalah algoritma clustering dimana satu objek dapat menjadi anggota beberapa cluster serta batasan cluster FCM adalah samar. Output dari FCM adalah deretan pusat cluster dan beberapa derajat keanggotaan untuk setiap titik data. Dalam pengelompokkan ini, pelanggan akan dibagi menjadi 4 cluster pelanggan yaitu Golden, Silver, Bronze, dan Iron dengan variabel yang dijadikan acuan adalah tanggal pembelian akhir , frequensi beli dan total pembelian. Data yang digunakan merupakan data transaksi pelanggan periode September - Desember 2015. Total data adalah 709 transaksi dari 75 pelanggan. Setelah data tersebut diolah dengan metode Fuzzy C-Means, hasil akhir menunjukkan iterasi berakhir pada iterasi ke – 30 dengan perubahan fungsi objektif sebesar 9.8. Cluster pelanggan yang dihasilkan adalah Golden : 27, Silver : 15, dan Bronze : 33 dengan validitas cluster sebesar 0.596277.



 

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
DewiAstria, D., & Suprayogi, S. (2017). Penerapan Algoritma Fuzzy C-Means Untuk Clustering Pelanggan Pada CV. Mataram Jaya Bawen. Jurnal Eksplora Informatika, 6(2), 169-187. Retrieved from https://eksplora.stikom-bali.ac.id/index.php/eksplora/article/view/117
Section
Articles

References

Dyantina, O., Afrina, M., & Ibrahim, A. (2012). Penerapan Customer Relationship Management (CRM) Berbasis Web (Studi Kasus Pada Sistem Informasi Pemsaran di Toko YEN - YEN). Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 4, no. 2, , PP. 516-529.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). manajemen Pemasaran Jilid 13 . Jakarta: Penerbit Erlangga.

Raharjo, S., & Winarko, E. (2014). KLASTERISASI, KLASIFIKASI DAN PERINGKASAN TEKS BERBAHASA INDONESIA. Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen (KOMMIT 2014) (pp. PP 391-401). Depok: Universitas Gunadarma.

Mardiani. (2014). Perbandingan Algoritma K-Means dan EM Untuk Clusterisasi Nilai Mahasiswa Berdasarkan Asal Sekolah. Citec Journal, Vol.1, No.4 , pp. 316 - 325.

Munandar, T. A., Widyarto, W. O., & Harsiti. (2013). Clustering Nilai Mahasiswa Untuk Pengelompokan Konsentrasi Jurusan Menggunakan Fuzzy Cluster Means. Seminar Naional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), (pp. pp 30-33). Yogyakarta.

Febriani, L. (2012). Pengelompokan Mahasiswa Sistem Informasi Berdasarkan Tingkat Kompetensi Akademik Dengan Fuzzy K-Means. Jurnal EKSIS Vol 05 No 01 , pp 19-29.

Megawati, N., Mukid, M. A., & Rahmawati, R. (2013). Segmentasi Pasar Pada Pusat Perbelanjaan Menggunakan Fuzzy C-Means (Studi Kasus : Rita Pasaraya Cilacap). Jurnal Gaussian Vol. 2 No.4 , pp 343 - 350. 35