Analisis Faktor Teknologi dan Organisasi dalam Adopsi Aplikasi Penjualan dan Pembayaran oleh UMKM

Main Article Content

Ayuningtyas Ayuningtyas
Sri Suhandiah
Pantjawati Sudarmaningtyas
Kristin Lebdaningrum

Abstract

Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM) telah menyumbang lebih dari 60% Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, dan menyerap lebih dari 95% tenaga kerja nasional. Pengetahuan dan pemahaman mengenai penggunaan teknologi sangat penting untuk meningkatkan kinerja UMKM. Pemerintah  telah mencanang target untuk meningkatkan derajat UMKM dengan program UMKM GoDigital. Namun baru 26,7% pelaku UMKM yang telah GoDigital. Tidak tercapainya target pemerintah untuk program GoDigital dipengaruhi oleh beberapa tantangan yang dihadapi oleh UMKM diantaranya yaitu adopsi teknologi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi niat adopsi aplikasi SaaS oleh UMKM di Indonesia, ditinjau dari faktor teknologi dan organisasi. Penelitian ini merupakan penelitian empirik dengan pendekatan kuantitatif. Data diambil dan dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan dan telah diisi oleh 182 pemilik UMKM secara online. Selanjutnya data diolah dan dianalisis dengan menggunakan SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua dimensi dari faktor teknologi yang berpengaruh pada niat adopsi aplikasi yaitu kompleksitas (59,7%) dan persepsi kemudahan penggunaan (47,5%). Dari faktor organisasi dimensi yang berpengaruh adalah dukungan manajemen puncak (33,5%).

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Ayuningtyas, A., Suhandiah, S., Sudarmaningtyas, P., & Lebdaningrum, K. (2024). Analisis Faktor Teknologi dan Organisasi dalam Adopsi Aplikasi Penjualan dan Pembayaran oleh UMKM. Jurnal Eksplora Informatika, 13(2), 234-244. https://doi.org/10.30864/eksplora.v13i2.1091
Section
Articles