Sistem Rekomendasi Wisata Magelang Menggunakan Metode Collaborative Filtering

Main Article Content

Siska Siska
Ika Nur Fajri
Radhita Rayhan
Akbar Pratama
Arif Nur Rohman

Abstract

Pariwisata telah menjadi kegiatan yang populer dan digemari oleh banyak orang, termasuk di Indonesia yang memiliki berbagai destinasi terkenal. Magelang, salah satu daerah di Indonesia, memiliki potensi pariwisata yang besar dengan ragam objek wisata, mulai dari sejarah hingga alam. Penelitian ini membahas tentang pengembangan sistem rekomendasi tempat wisata di Magelang menggunakan metode collaborative filtering. Data yang digunakan berasal dari kaggle.com, mencakup informasi rating dan profil pengguna. Analisis umur menunjukkan partisipasi tinggi dari kelompok usia 21-30 tahun, yang merupakan segmen aktif dalam wisata. Mayoritas pengguna berasal dari Pulau Jawa, menambah dimensi kebudayaan dalam penelitian. Metode penelitian ini melibatkan penggunaan collaborative filtering untuk menghasilkan rekomendasi tempat wisata berdasarkan preferensi pengguna. Pengujian dilakukan pada User_Id 1, yang menghasilkan rekomendasi beragam dengan prediksi skor sekitar 3,81 untuk tiga tempat utama. Hasil ini menunjukkan bahwa sistem rekomendasi dapat membantu pengguna menemukan destinasi yang sesuai dengan preferensi mereka. Kesimpulan penelitian ini menggarisbawahi potensi sistem rekomendasi untuk meningkatkan pengalaman wisata dan mendukung pengembangan sektor pariwisata di Magelang.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Siska, S., Fajri, I. N., Rayhan, R., Pratama, A., & Rohman, A. N. (2024). Sistem Rekomendasi Wisata Magelang Menggunakan Metode Collaborative Filtering. Jurnal Eksplora Informatika, 14(1), 63-70. https://doi.org/10.30864/eksplora.v14i1.1084
Section
Articles

References

S. R. R. N. A. H. T. F. Cholil, “SISTEM REKOMENDASI TEMPAT WISATA DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE FILTERING,” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 7, no. 1, p. 188, 2-23.

S. W. W. Devi Nurhayati, “Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner di Yogyakarta dengan Metode Item-Based Collaborative Filtering Yogyakarta Culinary Recommendation System with Item-Based Collaborative Filtering Method,” pp. 55-63, 2021.

R. Sandi Rakasari, “Sistem Rekomendasi Wisata Kuliner Kota Malang Dengan Metode Collaborative Filtering Dan Location Based Filtering,” REPOSITOR, vol. 2, no. 12, pp. 1679-1688, 2020.

“SISTEM REKOMENDASI PADA PENJUALAN ELEKTRONIK MENGGUNAKAN METODE COLLABORATIVE FILTERING,” Susianto, Donny Rusdi, Zyad.

M. B. S. P. I. D. J. Y. D. B. A. A. S. R. R. Naufal, “Implementasi Sistem Rekomendasi Makanan pada Aplikasi EatAja Menggunakan Algoritma Collaborative Filtering,” p. 177, 2021.

E. S. H. Erlangga, “Jurnal Manajemen Sistem Informasi dan Teknologi Sistem Rekomendasi Beauty Shop Berbasis Collaborative Filtering,” pp. 2745-7265.

M. A. P. P. W. A. W. Fajriansyah, “Sistem Rekomendasi Film Menggunakan Content Based Filtering,” pp. 2188-2199, 2021.

W. H. S. Jepriana, “ANALISIS DAN IMPLEMENTASI METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING UNTUK SISTEM REKOMENDASI KONSENTRASI DI STMIK STIKOM BALI”.

A. H. W. P. W. Ritdrix, “SISTEM REKOMENDASI BUKU MENGGUNAKAN METODE ITEM-BASED COLLABORATIVE FILTERING”.

F. A. J. I. R. Febrianto, “Sistem Rekomendasi Games menggunakan Metode Item-based Collaborative Filtering berbasis Website”.