Transformasi Digital Marketing Bisnis Cafe melalui Pemanfaatan Strategi Social Media Marketing: Tinjauan Systematic Literature Review
Main Article Content
Abstract
Transformasi digital telah mengubah cara pandang bisnis, terutama dalam industri kuliner seperti bisnis kafe. Namun, beberapa bisnis kafe belum sepenuhnya memanfaatkan potensi digital secara optimal, terutama dalam pemanfaatan strategi digital marketing, termasuk penggunaan social media. Keterbatasan ini melibatkan minimnya pemahaman tentang strategi pemasaran digital, khususnya dalam pemanfaatan social media. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan sistematis literatur (Systematic Literature Review/SLR) untuk memahami lebih lanjut pemanfaatan social media marketing dalam transformasi digital bisnis kafe dengan tahapan metodologi SLR, termasuk proses observasi, studi pustaka, dokumentasi, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian adalah untuk mengidentifikasi jenis platform social media yang sering digunakan pada bisnis kafe dan mengeksplorasi dampak penggunaan social media marketing terhadap performa bisnis kafe. Dari tinjauan literatur, platform social media yang paling sering digunakan adalah Facebook dan Instagram. Hasil kajian literatur ini juga menjelaskan bahwa social media marketing berpengaruh pada kesadaran merek dan interaksi dengan konsumen dari bisnis kafe. Dalam analisis lebih lanjut, pembahasan disertakan untuk memberikan konteks yang lebih mendalam, dan generalisasi dilakukan untuk merangkum dampak secara menyeluruh. Penelitian ini membuka wawasan terkait peran strategis social media marketing dalam meningkatkan performa bisnis kafe di era transformasi digital.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eksplora Informatika bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di Jurnal Eksplora Informatika setuju dengan ketentuan berikut:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada Jurnal Eksplora Informatika menggunakan lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0.
- Penulis diizinkan untuk mengarsipkan/menggunggah/meyimpan artikel mereka, misalnya dalam repositori institusional atau situs web/blog penulis, namun diharapkan agar memberikan rincian bibliografi yang menghargai publikasi di jurnal ini.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- Jurnal Eksplora Informatika berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
References
P. Karin Pradnya Larasati et al., “Efektivitas Content Creator dalam Strategi Promosi di Era Digital
(Effectiveness of Content Creators in Promotion Strategies in this Digital Age).”
M. Fitra Alfajri, V. Adhiazni, and Q. Aini, “PEMANFAATAN SOCIAL MEDIA ANALYTICS
PADA INSTAGRAM DALAM PENINGKATAN EFEKTIVITAS PEMASARAN,” 2019.
R. R. Giovani et al., “Pengaruh Social Media Marketing Dan Brand Awareness Terhadap
Keputusan Pembelian Pada Cafe Pitstop Gresik,” Sugeng Purwanto Pengaruh Social Media Marketing ….
E. Triandini et al., “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode
Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia.” [Online]. Available: https://www.google.com
M. Syahirman Yusi, T. Andriyani, Y. Firdaus, J. Administrasi Bisnis, and P. Negeri Sriwijaya,
“JAMB (Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis) Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Social Media Effectiveness as a Promotional Medium to Increase Sales Volume,” Jurnal Aplikasi Manajemen dan Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 42–52, 2022, doi: 10.5281/zenodo.7344577.
L. Purwianti and I. Nuzula Agustin, “Penerapan Digital Marketing Pada Me And You Café,” 2022.
A. T. Lubis, N. Irawati, B. Karina, and F. Sembiring, “The Impact of Life Style and Social Media on Purchasing Decisions in B-One Cafe, Medan,” International Journal of Research and Review (ijrrjournal.com), vol. 7, no. 2, p. 32, 2020.
Y. Tresnawati, K. Prasetyo, U. Mercu, and B. Jakarta, “Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Bisnis Kuliner,” vol. 1, no. 1, pp. 43–57, 2022.
D. Refilia and A. Fornio Barusman, “Analisis Pengaruh Social Media Marketing Instagram Terhadap Minat Beli Konsumen Kafe Putti Kedaton, Bandar Lampung,” SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi, vol. 1, no. 3, pp. 341–350, Aug. 2022, doi: 10.54443/sinomika.v1i3.275.
R. | D. S. D. Dyah Wiastuti, “PENGARUH SOCIAL MEDIA MARKETING ACTIVITIES TERHADAP EKUITAS MEREK DI CYRANO CAFÉ BOGOR,” Jurnal Ilmiah Hospitality Management, vol. 12, no. 01, pp. 25–37, 2021.
J. Indah Sari and dan Joko Susilo, “hlm 117-130 Those elements are Advertising, Social Media And Website/Internet Marketing, Personal Selling, Public Relations, Sales Promotion,” vol. 4, no. 1, 2021.
S. Pemasaran Bisnis Kuliner Menggunakan Influencer, by Made Resta Handika, and G. Sri Darma, “Jurnal Manajemen dan Bisnis,” vol. 15, no. 2, 2018, [Online]. Available: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/magister-manajemen/
P. Studi et al., “PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HALOA CAFE SEBAGAI KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE,” Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 10, no. 2, 2020, [Online]. Available: http://jurnalfdk.uinsby.ac.id/index.php/JIK
A. Wahyudi, A. Rokhim, and M. I. Romadhan, “MEMBANGUN CITRA CAFE GRANDE GARDEN DALAM BINGKAI SOSIAL MEDIA INSTAGRAM,” 2022.
O. Teguh Sugiharto, MARKETING INSTAGRAM DAN CAFE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT KUNJUNGAN PADA CAFE GARTENHUTTE TRAWAS-MOJOKERTO,” 2022. [Online]. Available: http://bajangjournal.com/index.php/JCI
S. Kartini and Y. P. Kristiutami, “Strategi Pemasaran Kahve Café di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Media Instagram,” 2021. [Online]. Available: http://ejurnal.ars.ac.id/index.php/JIIP
R. Subhan, T. Handika, R. Sudirman, and T. Purnomo, “Strategi Digital Marketing, Kualitas Pelayanan dan Inovasi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Erenka Cafe and Space Glenmore),” Business, Management, Accounting and Social Sciences (JEBMASS), vol. 1, no. 3, 2023, [Online]. Available: http://putrajawa.co.id/ojs/index.php/jebmass
S. Dewi Purnama and F. Sapphire Sani, “STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN KULINER MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM PADA GRANDE GARDEN CAFÉ,” 2022.
N. Made, I. Pratiwi, N. Nyoman, and K. Yasa, “European Journal of Management and Marketing Studies THE EFFECT OF STORE ATMOSPHERE, SOCIAL MEDIA MARKETING, AND LIFESTYLE ON PURCHASE DECISIONS ON CONSUMERS OF THE ALLEYWAY CAFE,” vol. 4, 2019, doi: 10.5281/zenodo.3592913.
J. M. J. Renwarin, “The Increasing of Brand Awarness Toward Social Media Instagram; A Customer Market Survey of Cafe in Indonesia,” Journal of Industrial Engineering & Management Research, vol. 2, no. 3, doi: 10.7777/jiemar.v2i2.
T. Djoko Sulistiyo, R. Fitriana, and C. Lee, “Pengaruh Marketing Media Sosial Instagram Terhadap Brand Image The Bunker Café, Tangerang (The Influence of Instagram Social Media Marketing on The Brand Image of The Bunker Café, Tangerang),” 2020.
I. Hilal Ramadhan, R. Priatama, A. Akalili, and F. Kulau, “Analysis of Digital Marketing Techniques in Tiktok Aplication (Case Study of @jogjafoodhunterofficial) T,” online) Socia: Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, vol. 18, no. 1, pp. 49–60, 2021.
A. E. L. Nyoko, “Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-Wom) Di Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pelanggan Muca Cafe Kupang),” 2019. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/338108890
“Digital Marketing sbg Strategi Waroeng Ora Umum”.
C. | T. W. M. | R. W. Z. Hodijah, “Pengaruh Harga DM Cafe Coffee Cireggot,” 2023.
“View of Penerapan Strategi Digital Marketing pada UMKM Board Games Cafe”.
Y. Evandro Ernantyo and T. Febry, “PENGARUH IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING DAN CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN MINAT BELI ULANG PADA KAFE KISAH KITA NGOPI,” vol. 1, no. 2.
V. | L. H. S. Meiriasari, “PEMANFAATAN DIGITAL MARKETINGUNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 PADA KAFE PANHEAD,” Jurnal Abdimas Musi Charitas, vol. 4, no. 1, pp. 9–12, 2020.
F. Wayan Umbara Commentary, F. Wayan Umbara, and J. Manajemen Strategi dan Aplikasi Bisnis, “User Generated Content di Media Sosial Sebagai Strategi Promosi Bisnis JMSAB 366,” vol. 4, no. 2, pp. 572–581, 2021, doi: 10.36407/jmsab.v4i2.366.