Analisa Perencanaan Strategi Sistem Informasi untuk Mendukung Produktivitas Otomotif

Main Article Content

Mailia Putri Utami

Abstract

PT. Mitrametal Perkasa merupakan perusahaan manufaktur komponen aluminium casting dan rem komponen untuk otomotif. PT. Mitrametal Perkasa kini menjadi perusahaan yang melibatkan seluruh alur proses kerjanya dengan teknologi untuk proses mengelola seluruh sumber daya yang ada pada perusahaan, namun di samping itu implementasi dari penggunaan teknologi masih kurang optimal sehingga perlu adanya perancanaan strategis yang lebih optimal. Analisis perencanaan strategis sistem informasi merupakan salah satu cara untuk memperbaiki kinerja produktivitas dari segi pelayanan otomotif. Analisis perencaanaan strategis sistem informasi pada PT. Mitrametal Perkasa menggunakan metode Ward and Peppard, yang mana metode Ward and Peppard memiliki konsep metode yaitu terdiri dari tahapan input dan tahapan output dengan hasil akhir berupa portofolio aplikasi untuk perusahaan di masa mendatang. GAP pada penelitian ini yaitu terdapat pada fokusnya penelitian ini pada objek penelitian yang memanfaatkan strategi perencanaan SI/IT yang telah diterapkan pada proses bisnisnya. Hasil penelitian ini yaitu sistem dan teknologi informasi pada PT. Mitrametal Perkasa yaitu portofolio yaitu yang di dalamnya terdapat sistem informasi keuangan, sistem informasi pelanggan, sistem informasi produksi komponen otomotif, sistem informasi kepegawaian, sistem informasi kemitraan, sistem informasi pengendalian mutu, dan website, yang berguna untuk meningkatkan keunggulan kompetitif serta kerangka kerja perencanaan strategi SI/IT yang terintegrasi dengan manajemen pengelolaan sumber daya informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Utami, M. (2024). Analisa Perencanaan Strategi Sistem Informasi untuk Mendukung Produktivitas Otomotif. Jurnal Eksplora Informatika, 13(2), 198-207. https://doi.org/10.30864/eksplora.v13i2.1043
Section
Articles

References

M. P. U. M.Fahrul Rozi, “Perencanaan Strategi Penerapan Teknologi Informasi Menggunakan Metode Analisis SWOT Proses Bisnis Unit IT,” Jurnal Pendidikan Teknologi Infomasi , vol. 3, no. DECODE, pp. 71-81, 2023.

P. P. &. W. A. F. (. Langgori, “rencanaan Strategis Sistem Informasi Pemerintah Kota Salatiga Menggunakan Metodologi Ward and Peppard,” Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 3, pp. 220-229, 2022.

K. &. R. Y. Nagashi, “Perencanaan Strategis SI/TI Menggunakan Metode Ward And Peppard Pada PT. XYZ,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 2, pp. 18-25, 2022.

A. P. W. A. K. Mailia Putri Utami, “Evalusi Kinerja Tata Kelola Teknologi Informasi terhadap Sistem Aplikasi Elektronik Program Keluarga Harapan dengan COBIT 5,” Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, vol. 10(1), pp. 24-32, 2021.

J. B. &. R. C. Nainggolan, “Perencanaan Strategi Sistem Informasi Menggunakan Metode Ward and Peppard,” JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), vol. 6, 2022.

M. N. N. S. Ign Excel Ekaristi Verares, “Perencanaan Strategis SI/TI di PT. Segoro Mas Solo menggunakan Metode Ward and Peppard,” Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, vol. 8, no. 4, pp. 2317-2329, 2021.

I. W. A. C. I. M. &. S. K. Sudarnadi, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dengan Analisis SWOT Balance Scorecard pada Inspektorat Kota Denpasa,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika: JANAPATI, vol. 11(3), pp. 226-236, 2022.

B. S. David, “Analisis Dan Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Pada Studi Kasus Stmik Time Medan,” Jurnal TIMES, vol. 7, pp. 15-24, 2018.

A. N. A. F. W. Yunita Utami, “Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi pada Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kota Salatiga,” Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 5, no. 8, 2018.

C. Wulandari, “Mengidentifikasi Peluang Bisnis dari Lingkungan Eksternal Organisasi,” Jurnal Teknik Informatika Politeknik Sekayu (TIPS), vol. 6, no. 1, pp. 55-64, 2017.

I. P. A. W. I. Saputra, “PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI KABUPATEN BULELENG DENGAN METODE WARD AND PEPPARD,” Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 10, pp. 40-50, 2021.

A. F. W. Adi Wiyono, “PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI DI PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA, Tbk WITEL SEMARANG MENGGUNAKAN WARD AND PEPPARD,” Jurnal Bina Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 23-32, 2020.

I. M. C. G. R. D. Putu Nanik Sasmita Dewi, “PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI/TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Kasus: PT. BPR Jaya Kerti),” Jurnal Ilmu Komputer Indonesia, vol. 3, no. 1, pp. 32-43, 2018.

A. Wicaksana, “PERENCANAAN STRATEGI SISTEM INFORMASI DAN TEKNOLOGI INFORMASI KABUPATEN BULELENG DENGAN METODE WARD AND PEPPARD,” JST: Jurnal Sains dan Teknologi, vol. 10, no. 1, p. 5, 2021.