Analisis Pengaruh Harga Jual dan Social Proof dalam Menentukan Keputusan Pembelian Barang Pada Website E-Commerce

Main Article Content

Dery Yuswanto
Herwinsyah Herwinsyah
Agung Fatwanto

Abstract

Perkembangan teknologi dan internet telah mengubah cara konsumen melakukan transaksi pembelian. E-commerce menjadi salah satu platform utama yang memudahkan konsumen untuk mencari dan membeli berbagai produk secara online. Dalam lingkungan e-commerce, konsumen sering dihadapkan pada berbagai faktor yang memengaruhi keputusan pembelian mereka. Harga jual dan social proof merupakan dua elemen krusial dalam ekosistem e-commerce yang secara signifikan memengaruhi preferensi dan keputusan konsumen. Harga jual sebagai faktor ekonomis utama seringkali menjadi pertimbangan utama konsumen dalam memilih produk yang akan dibeli. Di sisi lain, social proof, yang mencakup ulasan pelanggan, testimoni, dan rating produk, memiliki peran penting dalam membentuk persepsi konsumen terhadap kredibilitas dan kualitas suatu produk. Bagaimana harga jual dan social proof saling berinteraksi dan berdampak pada keputusan pembelian konsumen menjadi semakin penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga jual dan social proof terhadap keputusan pembelian barang pada website e-commerce. Metode penelitian yang dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden yang telah ditetapkan yaitu dengan cara menyebarkan kepada 40 responden yang merupakan pengguna informasi digital sebuah aplikasi website E-Commerce Shoope. Kemudian dilakukan analisis data dengan beberapa pengujian seperti uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasilnya Social proof dan harga jual berpengaruh pada keputusan pembelian pelanggan berikutnya. Social proof meningkatkan keputusan pembelian sebesar 0,149, sedangkan harga meningkatkan sebesar 0,486. Pengaruh Social Proof dan Harga jual memiliki korelasi kuat sebesar 67,2%. Terdapat pengaruh bersama-sama antara Social Proof dan Harga terhadap keputusan pembelian, dan pengaruh harga jual lebih berpengaruh dalam meningkatkan minat belanja online. Sebesar 97,5% responden memilih belanja online di E-Commerce karena harga lebih murah. Harga yang ditawarkan harus sesuai dengan produk yang diperoleh untuk meningkatkan minat pengguna E-Commerce.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Yuswanto, D., Herwinsyah, H., & Fatwanto, A. (2024). Analisis Pengaruh Harga Jual dan Social Proof dalam Menentukan Keputusan Pembelian Barang Pada Website E-Commerce. Jurnal Eksplora Informatika, 12(2), 129-140. https://doi.org/10.30864/eksplora.v12i2.1041
Section
Articles

References

R. Trudel, “Sustainable consumer behavior,” Consum. Psychol. Rev., vol. 2, no. 1, pp. 85–96, 2019, doi: https://doi.org/10.1002/arcp.1045.

N. Boysen, R. de Koster, and F. Weidinger, “Warehousing in the e-commerce era: A survey,” Eur. J. Oper. Res., vol. 277, no. 2, pp. 396–411, 2019, doi: https://doi.org/10.1016/j.ejor.2018.08.023.

S. V. Jin, A. Muqaddam, and E. Ryu, “Instafamous and social media influencer marketing,” Mark. Intell. Plan., vol. 37, no. 5, pp. 567–579, Jan. 2019, doi: 10.1108/MIP-09-2018-0375.

K. A. Quesenberry, “Social Media Strategy: Marketing, Advertising, and Public Relations in the,” 2021. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=QWTyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=social+proof&ots=BtufMoBItV&sig=4ChexAfsfafi0Alhh-8EB3uPxl0&redir_esc=y#v=onepage&q=social proof&f=false (accessed Apr. 09, 2023).

R. Sari, F. Hamidy, and S. Suaidah, “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA KONVEKSI SJM BANDAR LAMPUNG,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 65–73, Mar. 2021, doi: 10.33365/JTSI.V2I1.740.

H. Syah, “Penerapan Fuzzy Inference System (FIS) Dengan Metode Mamdani Pada Sistem Prediksi Penjualan Laptop,” JMAI (Jurnal Multimed. Artif. Intell., vol. 3, no. 2, pp. 52–59, Sep. 2019, doi: 10.26486/JMAI.V3I2.94.

R. Alexander, N. Thompson, T. McGill, and D. Murray, “The Influence of User Culture on Website Usability,” Int. J. Hum. Comput. Stud., vol. 154, p. 102688, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.ijhcs.2021.102688.

A. W. Herwinsyah, “ANALISIS SENTIMEN MASYARAKAT TERHADAP VAKSINASI COVID-19 PADA MEDIA SOSIAL TWITTER MENGGUNAKAN ALGORITMA SUPPORT VECTOR MACHINE (SVM),” J. Sist. Inf. dan Inform., vol. 5, no. 1, pp. 59–67, Feb. 2022, doi: 10.47080/SIMIKA.V5I1.1411.

S. Escursell, P. Llorach-Massana, and M. B. Roncero, “Sustainability in e-commerce packaging: A review,” J. Clean. Prod., vol. 280, p. 124314, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.124314.

V. Herlina, “Panduan Praktis Mengolah Data Kuesioner Menggunakan SPSS - Vivi Herlina - Google Books,” 2019. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=WTOyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=kuesioner&ots=Rx368X3pgS&sig=oJxPvUExGS5--aqjxyxuI1j_dtg&redir_esc=y#v=onepage&q=kuesioner&f=false (accessed Apr. 09, 2023).

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2010.

Arikunto, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.

Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS. Semarang: UNDIP, 2009.

Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

B. A. Wisudaningsi, I. Arofah, and K. A. Belang, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Menggunakan Metode Analisis Regresi Linear Berganda,” Statmat J. Stat. Dan Mat., vol. 1, no. 1, pp. 103–117, 2019, doi: 10.32493/sm.v1i1.2377.

Ghozali I, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang, 2018.