Penerapan Data Mining pada Review TIX ID Menggunakan Naïve Bayes Berbasis SMOTE & PSO

Main Article Content

Devid Frianda Setiawan
Aan Erlansari
Julia Purnama Sari

Abstract

Penilaian pada sebuah aplikasi di Google Playstore bertujuan untuk memberikan ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dalam penerimaan pengguna pada suatu aplikasi, khususnya pada aplikasi TIX ID. Pengguna mengeluhkan hanya tersedia 1 metode pembayaran dan aplikasi masih sering error ketika digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum dan akurasi review pengguna aplikasi TIX ID serta perubahan signifikan akurasi apabila menggunakan Naïve Bayes dengan penambahan Feature SMOTE dan PSO. Metode yang digunakan adalah Naïve Bayes berbasis SMOTE & PSO. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran umum penerimaan pengguna pada variabel metode pembayaran DANA masih “Ditolak” oleh pengguna dengan nilai probabilitas penerimaan yakni P(C) untuk P(Diterima) = 0,32 < P(Ditolak) = 0,68. Sedangkan  pada variabel kualitas aplikasi sudah “Diterima” oleh pengguna dengan nilai probabilitas penerimaan yakni P(C) untuk P(Diterima) = 0,585 > P(Ditolak) = 0,415. Hasil pengujian dengan akurasi tertinggi yakni pada variabel metode pembayaran DANA sebesar 93,68 % dan variabel kualitas aplikasi sebesar 96,13 % serta berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terjadinya perubahan signifikan apabila menambahkan Feature SMOTE dan PSO yakni terjadinya peningkatan akurasi tertinggi yaitu sebesar 14.94 % untuk variabel metode pembayaran DANA dan 9.06 % % untuk variabel kualitas aplikasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiawan, D., Erlansari, A., & Sari, J. (2023). Penerapan Data Mining pada Review TIX ID Menggunakan Naïve Bayes Berbasis SMOTE & PSO. Jurnal Eksplora Informatika, 12(1), 37-45. https://doi.org/10.30864/eksplora.v12i1.1034
Section
Articles

References

R. Gunawan et al., “ADIKSI MEDIA SOSIAL DAN GADGET BAGI PENGGUNA INTERNET DI INDONESIA,” Jurnal Techno-Socio Ekonomika, vol. 14, no. 1, 2020.

S. G. N. W. Nadya Eka Ermida, “PENGARUH DISKON DAN KUALITAS LAYANAN ELEKTRONIK TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APLIKASI TIX ID DI KOTA BANJARMASIN,” Home > Vol 1, No 1 (2021) > Ermida, 2021.

AS Rozi, “PENGARUH KEAMANAN, KEMANFAATAN DAN KEPERCAYAAN TERHADAP KEPUASAN DALAM MENGGUNAKAN APLIKASI E-WALLET DANA,” 2019.

M. R. Nadhif, D. Wisnu Brata, and B. Rahayudi, “Analisis Sentimen Data Ulasan Pengguna Aplikasi TIX ID di Indonesia pada Google Play Store menggunakan Support Vector Machine,” vol. 6, no. 8, pp. 3932–3937, 2022.

F. N. Ramadhayanti and E. Rasywir, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi TIX ID Di Kota Jambi Menggunakan Metode EUCS,” vol. 17, no. 1, pp. 143–151, 2023.

Z. Nabila, A. Rahman Isnain, and Z. Abidin, “ANALISIS DATA MINING UNTUK CLUSTERING KASUS COVID-19 DI PROVINSI LAMPUNG DENGAN ALGORITMA K-MEANS,” Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), vol. 2, no. 2, p. 100, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI

A. Damuri, U. Riyanto, H. Rusdianto, and M. Aminudin, “Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes Untuk Klasifikasi Kelayakan Penerima Bantuan Sembako,” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), vol. 8, no. 6, p. 219, Dec. 2021, doi: 10.30865/jurikom.v8i6.3655.

J. 17110443 Sitompul, “Analisa Sentimen Masyarakat Terhadap Calon Legislatif Partai Politik Dengan Menerapkan Algoritma Text Mining,” Jurnal Teknik Mesin (JTM), vol. 06, no. 2, pp. 69–73, 2022.

M. Rezki, “ANALISIS REVIEW PENGGUNA GOOGLE MEET DAN ZOOM CLOUD MEETING MENGGUNAKAN ALGORITMA NAÏVE BAYES DAN K-NEAREST NEIGHBOR,” 2020.

K. Solecha, “Analisa Sentimen Dengan Algoritma Naïve Bayes Classifier Berbasis Particle Swarm Optimization Untuk Review Restoran.” [Online]. Available: https://www.zomato.com/