Implementasi Metode First In First Out dan Simple Additive Weighting pada Sistem Pengelolaan Kesehatan Berbasis Website

Main Article Content

Muhammad Farhanudin
Febrian Wahyu Christanto

Abstract

CV Bento Group adalah perusahaan di bidang produksi barang kesehatan. CV Bento Group memiliki permasalahan pada pengelolaan barang dan memerlukan sebuah sistem berbasis website untuk memudahkan mengelola barang pada properti kesehatan. Karena sistem yang belum berjalan dengan baik hingga membuat kerugian dan tidak adanya sistem perbandingan produk untuk menunjang kebutuhan barang dengan metode SAW sehingga tidak ada sistem untuk pembandingan barang yang berguna untuk pengelolaan barang kembali dan bahan evaluasi CV Bento Group. Perancangan dan pembangunan sistem pengelolaan adalah solusi untuk mengatasi permasalahan  yang ada pada CV Bento Group. Metode pengembangan ini dengan prototype kemudian Visual Studio Code sebagai software code dengan bahasa pemrograman PHP dan databasenya yaitu MySQL. Aplikasi pengelolaan ini telah menampilkan testing dari beberapa proses yang telah diuji dengan pengujian blackbox mendapatkan hasil  sistem berjalan dengan baik dengan persentase 90% berhasil dijalankan. Dapat diambil kesimpulan bahwa sistem pengelolaan barang dengan metode FIFO dapat membantu dan mengatasi administrator dalam mengelola barang dan pada sistem perbandingan dengan metode SAW juga membantu dalam menilai suatu produk untuk dikelola kembali danbahan evaluasi, dengan hasil pengujian ini sistem dapat mengatasi masalah yang ada dengan keefektif hingga 90 % dan mengurangi kerugian. Dengan dibuatnya sistem ini dapat membantu admin dalam menjalankan proses pengelolaan barang ke depannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Farhanudin, M., & Christanto, F. (2023). Implementasi Metode First In First Out dan Simple Additive Weighting pada Sistem Pengelolaan Kesehatan Berbasis Website. Jurnal Eksplora Informatika, 12(1), 24-36. https://doi.org/10.30864/eksplora.v12i1.1001
Section
Articles
Author Biographies

Muhammad Farhanudin, Universitas Semarang

Program Studi S1 Teknik Informatika

Febrian Wahyu Christanto, Universitas Semarang

Program Studi S1 Teknik Informatika

References

I. Priaga, “Sistem Informasi Pengadaan Alat Kesehatan Pada Rumah Sakit Umum Sungailiat Bangka,” pp. 8–9, 2018.

M. Julkarnain, K. R. Ananda, and P. D. Ternak, “Sistem Informasi Pengolahan Data Ternak Unit Pelaksana,” vol. 2, no. 1, pp. 32–39, 2020.

M. F. Asrozy et al., “Aplikasi Pengeluaran Stok Barang,” vol. 6, no. 1, pp. 59–66, 2022.

N. Novianty, “Implementasi metode FIFO pada sistem informasi persediaan barang dagang 1,2,” pp. 44–47, 2022.

A. F. Putri, “Dengan Metode FIFO Perpetual Berdasarkan Sak Emkm Pada Mini Market Berkah Banjarmasin,” Tugas Akhir Politek. Negeri Banjarmasin, 2021.

H. Harsiti and H. Aprianti, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Smartphone dengan Menerapkan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” JSiI (Jurnal Sist. Informasi), vol. 4, pp. 19–24, 2017, doi: 10.30656/jsii.v4i0.372.

F. Frieyadie, “Penerapan Metode Simple Additive Weight (SAW) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Promosi Kenaikan Jabatan,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 12, no. 1, pp. 37–45, 2016, doi: 10.33480/pilar.v12i1.257.

R. T. Subagio and M. T. Abdullah, “Penerapan Metode SAW ( Simple Additive Weighting ) dalam Sistem Pendukung Keputusan untuk Menentukan Penerima Beasiswa Application of SAW ( Simple Additive Weighting ) Method in System Decision Supporters to Determine Scholarship Recipients,” pp. 61–68, 2016.

A. Putra et al., “Implementasi Metode Simple Additive Weighting ( SAW ) Untuk Penentuan Lokasi,” pp. 27–38, 2016.

R. S. Pressman, Software Engineering : A Practitioner's Approach 9th Edition, 2020.

M. R. C. Solamo, “Java Education & Development Initiative,” Softw. Eng., pp. 184–197, 2006.