Penerapan Kerangka Cobit 4.1 dalam Audit Pengaruh POS terhadap OCB Dosen STMIK STIKOM Bali

Main Article Content

Paula Dewanti

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang melibatkan Teknologi Informasi (TI), menyebabkan meningkatnya permintaan terhadap tenaga kerja TI. Hal ini diikuti dengan kemunculan kampus-kampus TI baru yang menyebabkan persaingan antar kampus berlangsung semakin kompetitif dikarenakan adanya tuntutan akan lulusan yang berkualitas, agar mampu bersaing dan memberikan kontribusi berupa hasil kerja yang maksimal sesuai yang diharapkan oleh pasar. Hal ini tidak terlepas dari ketersediaan Dosen yang memenuhi standar dan kualifikasi. Penelitian ini menggunakan STMIK STIKOM Bali sebagai contoh studi kasus. Sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di peringkat 3 nasional dan peringkat 1 Bali Nusra, diharapkan STMIK STIKOM Bali dapat menjadi kampus tujuan utama bagi para Dosen berkualitas untuk mengabdi. POS (Perceived Organizational Support) digunakan untuk mengukur kondisi para Dosen, yang merasa bahwa institusi dimana mereka bernaung dapat menghargai kontribusi mereka. Sementara OCB (Organizational Citizenship Behaviour) pada penelitian ini merupakan kondisi dimana para Dosen bekerja sama dan saling membantu rekan Dosen lainnya untuk mencapai tujuan bersama di dalam proses perkuliahan. Penelitian ini bersifat analisis deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mendapatkan pemahaman, gambaran serta penjelasan yang dapat dianalisis secara akurat ke dalam bentuk angka sehingga dapat dianalisis dan diinterpretasikan terhadap komitmen organisasi. Data yang diperoleh dari survei menggunakan POS kemudian diolah menggunakan pendekatan framework Cobit 4.1. untuk menghasilkan Maturity Level. Hasil dari penelitian ini berupa nilai skala Maturity yang dapat digunakan sebagai rekomendasi kepada pihak manajemen institusi untuk mendukung peningkatan kualitas Dosen dalam mencapai tujuan organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Dewanti, P. (2018). Penerapan Kerangka Cobit 4.1 dalam Audit Pengaruh POS terhadap OCB Dosen STMIK STIKOM Bali. Jurnal Eksplora Informatika, 8(1), 15-23. https://doi.org/10.30864/eksplora.v8i1.128
Section
Articles

References

Cobit 4.1. Executive Summary Framework. [link]

Gunawan, H. & Santosa, E. C. (2012). Politik Organisasi Dan Dampaknya Terhadap Komitmen Organisasi, Kepuasan Kerja, Kinerja Dan Organizational Citizenship Behavior (OCB). Jurnal Manajemen, Vol.12, No.1, November 2012. [link]

Ilies, R., Fulmer, I. S., Spitzmuller, M., & Johnson, M. D. (2009). Personality and citizenship behavior: the mediating role of job satisfaction. Journal of Applied Psychology, 94(4), 945. [link]

Indrajit, R. E. (2013). Membaca Kerangka Cobit versi 4.x. E-Artikel Sistem dan Teknologi Informasi, Seri 999. [link]

Kurtessis, J. N., Eisenberger, R., Ford, M. T., Buffardi, L. C., Stewart, K. A., & Adis, C. S. (2017). Perceived organizational support: A meta-analytic evaluation of organizational support theory. Journal of Management, 43(6), 1854-1884. [link]

Laksito, A. D., Kusrini, K., & Luthfi, E. T. (2013). PENGUKURAN TINGKAT MODEL KEMATANGAN PROSES COBIT MENGGUNAKAN APLIKASI BERBASIS WEB (Studi Kasus di STMIK AMIKOM Yogyakarta). SEMNASTEKNOMEDIA ONLINE, 1(1), 26-1. [link]

Malik, M. E., Nawab, S., Naeem, B., & Danish, R. Q. (2010). Job satisfaction and organizational commitment of university teachers in public sector of Pakistan. International Journal of Business and Management, 5(6), 17. [link]

Paillé, P., Bourdeau, L., & Galois, I. (2010). Support, trust, satisfaction, intent to leave and citizenship at organizational level: A social exchange approach. International Journal of Organizational Analysis, 18(1), 41-58. [link]

Podsakoff, N. P., Whiting, S. W., Podsakoff, P. M., & Blume, B. D. (2009). Individual-and organizational-level consequences of organizational citizenship behaviors: A meta-analysis. [link]

Robbins, S.P. and Judge, T.A. (2008). Organizational Behavior. Pearson Prentice Hall. [link]